WisataNusantaraku.com
Referensi Wisata Anda
WisataNusantaraku | Referensi Wisata Anda | Wisata Wonosobo
Home Contact Me About Me
 

Wisata Wonosobo

Alun-alun Wonosobo
Wisata Tambi
Tempe Kemul Wonosobo
Mi Ongklok Wonosobo
Opak Singkong Wonosobo
Teh Tambi Kardus
Telaga Menjer
Dokar
Tari Kuda Kepang
Tari Angguk
Sajen
Tari Lengger
Tari Cepetan
Tari Bangilun
Kesenian Bundengan
Tenongan Masyarakat Gianti
Kolam Renang Kalianget
Kolam Renang Hangat
 
Advertise your travel accommodations, tours & services on RealAdventures and reach millions of guests.
Travel Advertising On RealAdventures

List Your Travel Accommodations, Tours & Services On RealAdventures To Reach Millions Of Visitors
Real Adventures

Kabupaten Wonosobo

Kabupaten Wonosobo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonosobo. Kabupaten Wonosobo berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Kondisi Geografi
Untuk Anda ketahui bahwa sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat  Waduk Wadaslintang.
Ibukota Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten, yang merupakan daerah hulu Kali Serayu. Wonosobo dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto.
Gunung Sumbing
Gunung Sindoro

Pembagian administratif
Kabupaten Wonosobo terdiri atas 15 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Wonosobo
.

Agro Wisata Tambi
Agro Wisata Tambi Terhampar luas di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1.200 – 2000 m diatas permukaan laut. Suhu udara rata-rata minimal 15 º C dan suhu maksimal 24 º C. PT. Tambi mengelola 3 unit perkebunan yang terletak di Bedakah, Tanjungsari, Kabupaten Wonosobo. Desa Tambi dengan luas 829 hektar yang dilengkapi fasilitas pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, kebun dan parik teh.Anda akan diajak berkeliling menelusuri jalan kebun teh, berolahraga sambil menikmati pemandangan, juga mendapat penjelasan mengenai agronomi, pengolahan dan pemasaran. Bagi anda yang ingin bermalam juga disediakan pondok wisata dengan fasilitas yang cukup memuaskan.

Mi Ongklok Wonosobo
Mi Ongklok (bakmi ongklok) adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mi rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut loh. Bila Anda mencoba mi ongklok Wonosobo cobalah menyantapnya dalam keadaan hangat bersama sate kambing dan tempe kemul. Pasti enak rasanya.
Untuk Anda ketahui bahwa pedagang mi ongklok yang terkenal di Winosobo adalah mi ongklok Longkrang, mi ongklok Pak Muhamad (depan Rumah Makan Wana Boga). Namun Anda dapat juga membelinya dari penjual angkringan atau warung di Jl. Pasukan Ronggolawe, Jl. Tosari, serta di Jl. A.Yani (Sebelah selatan klenteng).

Resep untuk Anda yang ingin membuat mi ongklok Wonosobo:
Bahan :
750 ml kaldu daging
3 sendok makan tepung kanji
3 sendok makan kecap manis
300 gram mi basah
100 gram kol, iris kasar
10 pohon kucai, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menumis

Save big with HotelsCombined.com


Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh garam
Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan kaldu lalu kentalkan dengan air sagu. Biarkan mendidih. Angkat.
Masukkan mi dan kol dalam saringan lalu rebus sambil diongklok atau dikocok sampai matang.
Masukkan mi dan kol ke dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Taburkan kucai. Sajikan panas.
untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

globester2
Yogyakarta, Indonesia Vacations, Rentals, Adventure Travel, Tours & Getaways
Travel & Tourism Guide To Vacation In Yogyakarta, Indonesia. Start Your Yogyakarta Vacation Planning Today!
Travel & Tourism Guide To Vacation In Yogyakarta, Indonesia. Start Your Yogyakarta Vacation Planning Today!
Top Yogyakarta, Indonesia vacation & travel ideas - find the best Yogyakarta vacations, adventures & getaways. Listings for accommodations & resorts to adventure travel & local attractions In Yogyakarta, Indonesia.
Telaga Menjer
Merupakan telaga alam terluas di Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, dengan luas 70 Ha dan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer merupakan tempat wisata yang terletak didesa Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo dengan jarak 12 km sebelah utara kota Wonosobo. Anda dapat mencapainya dengan kendaraan umum atau pribadi, jalannya beraspal. Anda dapat pula menikmati pemandangan di sekitar Telaga Menjer dengan "getek"/sampan bermotor dengan harga 5000 per orang. PLTA Garung memanfaatkan debit air dari Telaga Menjer.
getek telaga menjer
getek telaga menjer-1

Kawasan Rekreasi dan Olahraga Kalianget 
Merupakan lokasi pemandian Air Panas Alami. Airnya mengandung belerang yang cukup tinggi dan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Tempatnya terletak di Jalan Dieng kilometer 3 atau sebelah utara kota Wonosobo. Dengan fasilitas lapangan tennis, kolam pemancingan, kolam renang, taman bermain dan stadion sepakbola.

Gelanggang Renang Mangli
Merupakan pemandian alam dengan air yang melimpah ruah dan sangat jernih. Kata Mangli sendiri berasal dari kata “ Semang “ dan “ Ngili “  yang diambil dari kalimat “ Arep Adus bae semang Ngili “ ( Mau mandi saja harus kelembah mata air ) yang diucapkan dengan sendau gurau oleh Ki Tunteng ( tokoh yang sangat disegani pada masa itu ). Mangli terletak di Kelurahan Kejiwan 1 km dari sebelah barat kota Wonosobo.

Air Terjun Sikarim
Memiliki ketinggian 80 meter dengan latar belakang bukit yang menjulang dan banyak ditumbuhi perdu dan tanaman langka. Terletak di desa Mlandi Kecamatan Garung 20 km sebelah utara kota Wonosobo.

Sendang Surodilogo
Menurut cerita keberadaan sendang ini, bermula dari tongkat Ki Joko Suro, prajurit Pangeran Diponegoro yang sedang bersembunyi dari serangan Belanda. Karena kesulitan mencari air, Ki Joko Suro menancapkan tongkat ke tanah lalu tersemburlah air yang datang untuk mandi pada setiap malam 1 suro. Karena diyakini dapat membuat seseorang merasa muda kembali. Lokasi sendang ini terletak didesa Pagerrejo berdekatan dengan Agro Wisata kebun teh Bedakah

Tuk Bimalukar
Merupakan sebuah mata air dengan pancuran yang terbuat dari batu Purba. Nama Bhimalukar adalah suatu tempat dimana mata air sungai Serayu yang diyakini sebagai air awet muda.

Curug Winong
Objek wisata Curug Winong ini jarak dari Wonosobo 35 Km.
Lokasi : Ds. Winongsari , Kecamatan Kaliwiro dengan luas 2 Ha.
Objek wisata ini mempunyai fasilitas antara lain :
- Tempat peristirahatan
- Jalan setapak yang bagus

Wisata Air Arung Jeram
Objek wisata Air Arung Jeram ini jarak dari Wonosobo 8 Km.
Lokasi : Sungai Begaluh, Kecamatan Selomerto
Objek wisata ini mempunyai fasilitas antara lain :
- Jalan beraspal
- Panorama Alam

Watu Tedeng
Objek wista Watu Tedeng ini jarak dari Wonosobo 6 Km.
Lokasi : Kecamatan Selomerto dengan luas 1,5 Ha.
Objek wisata ini mempunyai fasilitas antara lain :
- Rumpun bambu
- Area panjat tebing
- Lokasi arung jeram

Grojogan Si Curug Dumajaran
Objek wisata Grojogan Si Curug Dumajaran jarak dari Wonosobo 21 Km.
Lokasi : Ds. Beran, Kecamatan Kepil dengan luas 50 Ha.
Objek wisata ini mempunyai fasilitas antara lain :
- Bumi perkemahan
- Air terjun yang sangat indah.

Wana Wisata Ngebrak
Objek wisata Wana Wisata Ngebrak dari Wonosobo 27 Km.
Lokasi : Ds. Warangan, Kecamatan Kepil dengan luas 140 Ha.
Objek wisata ini mempunyai fasilitas antara lain :
- Bumi perkemahan
- Balai desa kuno

Kesenian Tradisional Kabupaten Wonosobo

Tari Kuda Kepang
Dibawakan oleh 7 penari, 1 penari sebagai pemimpin ( plandang ) dan 6 penari sebagai prajurit pengikut. Tari ini mengamal legenda Raden Panji Asmara Bangun yang sedang mencari kekasihnya yang bernama Sekartaji.

Kesenian Lengger
Berasal dari kata “Le” panggilan untuk anak laki-laki dan “ger” membuat geger atau ramai. Karena memang awalnya tarian lengger dibawakan oleh seorang anak laki-laki yang dirias seperti wanita. Mengawali Tarian Lengger biasanya dimulai dengan:
- Tarian Gameyong : Tarian ucapan selamat datang
- Tarian Sulasih : Tarian mengundang roh bidadari
- Tarian Kinayakan : Tarian yang dibawakan dengan perasaan halus
- Tarian Bribil : menggambarkan rasa terimakasih
- Tarian Samiran : menggambarkan wanita yang bersolek karena rasa rindu
- Tarian Rangu-rangu : Pada tarian ini biasanya penari kemasukan roh jahat
- Tari Kebo Giro : Tarian ini bersifat ganas dan kasar
- Tari Kembang Jeruk : Menggambarkan penari kemasukan roh mirip kera
- Tarian Gonos : Tarian ini bersifat lucu


Tari Angguk
Tarian ini dinamakan angguk karena gerakannya yang mengangguk-angguk. Dengan kostum Wayang orang dan lagu bernafaskan Islam.

Tari Cepetan
Dinamakan tari cepetan karena wajah para penarinya di corang – coreng ( Jawa = cepat-cepot ), namun dalam perkembangannya tidak lagi di coreng-coreng tapi hanya dengan menggunakan kain penutup. Lagu yang dibawakan berbahasa Indonesia yang kurang sempurna dan bernafaskan Islami.

Tari Bangilon
Tarian keprajuritan dengan kacamata hitam bulat sebagai ciri khasnya. Untuk mengiringi tarian mereka bernyanyi bersama-sama yang diambil dari kitab berjanji yang disadur sedemikian rupa.

Kesenian Tradisional lainnya
Di Kabupaten Wonosobo banyak terdapat kesenian tradisional lain yang jumlahnya mencapai 1000 lebih kelompok kesenian tradisional dengan aneka warna dan budaya yang sangat layak untuk dinikmati, memiliki jenis kesenian tradisional antara lain seperti : Badutan, Bambu Runcing, Bangilun, Bugisan, Cekak Mondol, Dayakan, Dagelan Punokawan, Madyo Pitutur, Panembromo, Pentulan, Srandul, Thek Ethek Kampling, Turonggo Baras dan lain sebagainnya yang sudah sangat langka tetapi masih tumbuh berkembang di Wonosobo.

Kesenian Bundengan
Sebuah bentuk kesenian yang sudah sangat langka dan mungkin satu-satunya di Wonosobo atau bahkan di Indonesia, alat yang digunakan adalah sebuah Koangan ( Alat untuk Angon Bebek ) yang terbuat dari pelepah bamboo ( Clumpring = Jawa ) serta ijuk dan biasa digunakan untuk menyanyi penggembala ternak angsa, kemudian dalam perkembangannya bisa untuk mengiringi berbagai jenis nyanyian pop, dangdut, qosidah dan bahkan bisa mengiringi tarian lengger.

Benda Cagar budaya
Banyaknya benda cagar budaya yang tersebar dimana-mana di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo merupakan bukti nyata seperti Jalan setapak yang terbuat dari batu berundak menuju Dataran Tinggi Dieng yang disebut dengan “ Ondho Budho “.
Kemudian banyaknya tempat – tempat bersejarah dan candi-candi Hindu kuno yang menunjukan kejayaan Raja Sanjaya di masa lalu.

Ngruwat Rambut Gembel
Merupakan tradisi di daerah Kecamatan Kejajar 17 Km, sebelah Utara Kota Wonosobo. Di sekitar daerah ini banyak anak-anak yang memiliki rambut gembel. Rambut gembel dianggap sebagai “ Balak ” yang harus diruwat melalui upacara ruwatan. Upacara ini akan dilangsungkan setelah  anak mengajukan permintaan atau jejaluk ( Bahasa Jawa ) kepada orang tuanya. Permintaan ini sulit dipenuhi.
Upacara ini diawali dengan cara memasukan cincin ke dalam rambut gembel yang terpanjang disertai dengan doa dan sesaji “ Bucu Robyong “, selanjutnya baru dilakukan pencukuran. Kadang – kadang diteruskan dengan pertunjukan Wayang Kulit bagi yang mampu dengan cerita “Ngruwat Anak Rambut Gembel “. Anehnya jika upacara ruwatan ini tidak atas permintaan anak yang berambut gembel tersebut, maka rambut gembelnya akan tumbuh lagi.

Nyadran Suran Masyarakat Dusun Giyanti
Upacara ritual memperingati hari berdirinya dusun Gianti Desa Kadipaten Kec.Selomerto yang biasanya dilanjutkan dengan Merdi Dusun disertai Upacara Tenongan untuk kemudian dilanjutkan Pagelaran Seni tradisional semalam suntuk. Dusun Gianti terkenal dengan sebutan dusun Wisata di Kabupaten Wonosobo.

Dokar
Untuk mengenal situasi pemandangan kota Wonosobo, wisatawan dapat menggunakan dokar atau andong dengan harga sewa yang dapat disetujui bersama dengan cara tawar menawar antara wisatawan dengan pemilik dokar. Dokar adalah alat transportasi tradisional di Wonosobo yang ditarik oleh seekor kuda dan dikendalikan oleh seorang kusir.

Semarang, Indonesia Vacations, Rentals, Adventure Travel, Tours & Getaways
Travel & Tourism Guide To Vacation In Semarang, Indonesia. Start Your Semarang, Indonesia Vacation Planning Today!
Travel & Tourism Guide To Vacation In Semarang, Indonesia. Start Your Semarang, Indonesia Vacation Planning Today!
Top Semarang, Indonesia vacation & travel ideas - find the best Semarang, Indonesia vacations, adventures & getaways. Listings for accommodations & resorts to adventure travel & local attractions In Jawa Tengah, Indonesia.

Angkudes (Jalur Angkutan Umum Pedesaan)
1.  Wonosobo – Wonolelo ( 8 km )
2.  Wonosobo – Andongsili – Keseneng ( 8 km )
3.  Wonosobo – Pancarmulyo – Gondang ( 8 km )
4.  Garung – Maron – Kreo – Kejajar ( PP )
5.  Sawangan – Kaliwiro – Sapuran ( PP )
6.  Kaliwiro – Lamuk
7.  Leksono – Sukoharjo – Sempol – Gondang
8.  Kertek – Semayu – Balekambang – Selomerto

Angkota (Jalur Angkutan Umum Perkotaan)
Microbus :
1.   Wonosobo – Dieng ( 26 km )
2.   Wonosobo – Kaliwiro – Wadaslintang

 

Minibus :
1.   Wonosobo – Garung ( 8 km )
2.   Wonosobo – Limbangan ( 8 km )
3.   Wonosobo – Mojotengah ( 8 km )
4.   Wonosobo – Gondang ( 8 km )
5.   Wonosobo – Kertek ( 8 km )
6.   Wonosobo – Selomerto ( 6 km )
7.   Wonosobo – Leksono ( 9 km )
8.   Wonosobo - Sawangan (12 km)
HOTEL
Hotel Bintang

Hotel Kresna *****                                      
Jl. Pasukan Ronggolawe No.30 Wonosobo
Tel.(0286) 324111-321053Fax.324111

Hotel Surya Asia **
Jl. Ahmad Yani No.137 Wonosobo
Tel.(0286) 322992

Hotel Bhima *
l. Ahmad Yani No.4 Wonosobo
Tel.(0286) 321233

Hotel Sri Kencono *
Jl. Ahmad  Yani No.1 Wonosobo
Tel.(0286) 321533-321551

Hotel Parama *
Jl. Ahmad Yani No.96/112 Wonosobo
Tel.(0286) 321788
RESTORAN
RM. Asia
Jl. Angkatan 45 No.43, Wonosobo
Tel.(0286) 21165
(Masakan Eropa, Cina, Indonesia) 

RM. Dieng Kledung Pass
Jl. Parakan Km 17, Wonosobo
Tel.(0286) 21266-21433
(Masakan Indonesia, Cina, Eropa)

RM.Shanti Rahayu
Jl. Ahmad Yani, Wonosobo
Tel.(0286) 21337
(Masakan Eropa, Cina, Indonesia)

RM. Gudeg
Jl. Ahmad Yani No.143, Wonosobo
Tel.(0286) 21443
(Masakan Indonesia)
Tujuan Wisata Anda:
Gerbang Kalianget
Kolam Renang Mangli
Air Terjun Sikarim
Arung Jeram Sigaluh
Ruwatan Rambut Gembel
Tari Kebo Giro
Hotel Kresna Wonosobo
Desain website dan Web hosting berkualitas di IdeBagus
 
 
 
 
 

 

Real Adventures
Wisata Dieng Plateau | Wisata Wonosobo | Wisata Semarang | Wisata Blitar | Wisata Pantai Pangandaran | Wisata Pelabuhan Ratu | Wisata Tangkuban Perahu | Wisata Kawah Putih Ciwidey | Wisata Cirebon & Kuningan | Wisata Tana Toraja | Wisata Lawang Sewu | Wisata Pantai Anyer | Wisata Pantai Carita | Wisata Pulau Umang | Wisata Museum Kereta Api Ambarawa | Wisata Taman Mini Indonesia Indah | Wisata Jakarta | Wisata Banten | Wisata Yogyakarta | Wisata Bukittinggi | Wisata Bandung | Wisata Bogor | Wisata Lombok | Wisata Surabaya | Wisata Pulau Komodo | Wisata Pantai Parangtritis | Wisata Bali | Wisata Pantai Ayah | Wisata Jawa Barat

Home | Contact Me | About Me
© 2009 WisataNusantaraku.com | Referensi Wisata Anda